Jumat, 28 Januari 2011

UNPLUGGED MUSIK

Anda semua pasti mengerti tentang Musik bukan? Ada berbagai Genre Musik di Dunia ini. Termasuk Musik Unplugged, dan sebenarnya seperti apakah dan bagaimana? sejarah awal dan cerita tentang kemunculan istilah Unplugged... Yang pertama kali dimunculkan untuk tayangan serial MTV. Untuk lebih jelasnya silahakan Anda membaca diblog ini.

MTV Unplugged

MTV Unplugged adalah serial TV menampilkan banyak artis musik populer biasanya memainkan instrumen akustik. Acara tersebut telah menerima George Foster Peabody Award dan 3 Primetime Emmy nominasi diantara banyak penghargaan.

Unplugged

Istilah ini Unplugged telah menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan musik biasanya mendengar instrumen diperkuat seperti gitar listrik dan synthesizer yang diberikan bukan pada instrumen yang tidak diperkeras/diperkuat secara elektronik, misalnya untuk gitar akustik atau piano tradisional, walaupun mikrofon masih digunakan.

Kata tersebut mulai digabungkan ke dalam judul sebuah serial terkenal MTV yang dimulai pada musim 1989/1990 TV AS, MTV Unplugged, yang dilakukan musisi akustik atau "unplugged" versi mereka yang terbiasa memainkan lagu/nyanyian dengan alat elektronik. Banyak dari pertunjukan ini kemudian dirilis sebagai album, sering menampilkan judul Unplugged.

Inspirasi untuk MTV Unplugged

Konsep yang mendasari di balik seri Unplugged telah dikaitkan dengan popularitas diantara musisi dari berbagai pertunjukan musik informal di atas panggung, film televisi, dan terekam dalam beberapa dekade sebelumnya. Yang sederhana "in-the-round" urutan Elvis Presley pada tahun 1968 Comeback Special, dan kemacetan resmi studio Beatles didokumentasikan dalam film 1970 Let It Be keduanya perintis dari konsep "Unplugged", meskipun mereka tidak dipahami atau dipromosikan seperti pada saat itu terjadi.

Inspirasi langsung bagi seri itu datang dalam dekade cepat sebelum penciptaan program MTV. Cepat atau lambat reaksi pembentukan hal itu adalah serangkaian yang tinggi-publikasi pertunjukan "unplugged" yang terjadi pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Yang pertama adalah Juni di 1979 oleh penampilan Pete Townshend The Secret Policeman's Ball, serangkaian penampilan menguntungkan di London Organisasi hak asasi manusia Amnesty International di mana Townshend biasanya memegang gitar listrik diajak oleh benefit produser Martin Lewis untuk melaksanakan hits nya "Pinball Wizard" dan "Won't Get Fooled Again" pada gitar akustik. Pertunjukan secara luas terlihat dan terdengar di album live 1980 dan film di Inggris-satunya keuntungan dan menginspirasi penyanyi rock lain untuk meniru Townshend.

Dua tahun kemudian pada September 1981 Lewis menghasilkan manfaat lanjutan acara The Secret Policeman's Other Ball itu menampilkan pertunjukan serupa oleh penyanyi rock lainnya termasuk Sting, Phil Collins dan Bob Geldof. 1982 Album live dari pertunjukan dan versi film AS The Secret Policeman's Other Ball (yang digabungkan sebuah "kilas balik" pertunjukan Townshend's tahun 1979) keduanya mulai sangat sukses dan secara luas dilihat dan didengar di Amerika Serikat.

Fenomena bintang rock menciptakan kembali hits mereka dengan cara akustik begitu mapan dari awal 1980-an meskipun kata "unplugged" belum digunakan untuk konsep tersebut.

Selain itu, akhir 1980-an melihat minat baru dalam tradisi kaum awam dan musik akustik pada umumnya (disertai dengan gelombang nostalgia bagi musik tahun 1960-an, yang juga memiliki tradisi yang signifikan/gerakan akustik). Banyak gerakan baru dibentuk selama periode itu tradisi yang kuat/pengaruh akustik, misalnya The Indigo Girls, R.E.M., SinĂ©ad O'Connor, Suzanne Vega, Lyle Lovett, Michael Penn, Enya, dan Bruce Hornsby and the Range. Pada saat yang sama, tradisi banyak didirikan dan-kaum seniman dipengaruhi tahun 60an dan 70an mengalami pembaharuan keberhasilannya - beberapa mencapai keberhasilan komersial terbesar dari karir mereka – seperti Paul Simon, The Grateful Dead, Jethro Tull, Bonnie Raitt, Dire Straits/Mark Knopfler, Yes, dan Bob Dylan.

Artis rock pertama untuk tampil dalam mode "unplugged" di MTV adalah Jethro Tull, yang, pada tanggal 17 November 1987 sebagai trio akustik (Ian Anderson, Dave Pegg, dan Martin Barre), tampilkan sebagian dari "Serenade to a Cuckoo" dan "Skating Away (On the Thin Ice of the New Day)". XTC tampil akustik Mei 1989, dan Jon Bon Jovi dan Richie Sambora tampil "Livin' on a Prayer" dan "Wanted Dead or Alive" pada MTV Video Music Awards tahun 1989.
Konsep acara MTV Unplugged berjudul menggambar pada fenomena(drawing on this phenomenon) ini telah dikaitkan dengan produser Robert Small dan Jim Burns bersama-sama dengan penulis lagu Jules Shear, yang menjadi tuan rumah pertama kali 13 episode. Pilot dan tujuh episode pertama kali diproduksi dari Bruce Leddy, setelah Associate Producer Alex Coletti mengambil alih selama seri yang tersisa. Setelah 13 episode pertama kali, peran dari tuan rumah telah dieliminasi. Pertunjukan ini diproduksi dari Viacom dan RSE Inc dan paling sering disutradarai oleh Milton Lage dan Beth McCarthy.

MTV Unplugged in New York








MTV Unplugged di New York adalah sebuah album live oleh band grunge Nirvana Amerika. Ini digandeng dengan fitur kinerja akustik Sony Music Studios di New York City pada 18 November 1993 untuk serial televisi MTV Unplugged. Acara ini disutradarai oleh Beth McCarthy dan pertama ditayangkan pada jaringan televisi kabel MTV pada 14 Desember 1993. Berbeda dengan praktik tradisional di serial televisi, Nirvana memainkan setlist terdiri dari material yang utamanya kurang dikenal dan cover version dari lagu-lagu oleh The Vaselines, David Bowie, Meat Puppets (di mana mereka bergabung dengan dua anggota kelompok di atas panggung) dan Lead Belly.

MTV Unplugged di New York adalah album Nirvana pertama kali dirilis pada pasca aksi bunuh diri penyanyi/gitaris Kurt Cobain April 1994. Album debut di posisi satu di Billboard 200, dan telah menjadi paling berhasil melepaskan grup itu setelah ia meninggal, menjual lima juta kopi di Amerika pada tahun 1997. Ini dianggap oleh para kritikus sebagai bukti band ini mampu mentransendensikan suara mereka sering berkaitan dengan grunge. Kinerja pada DVD itu dirilis tahun 2007.

Kinerja

Nirvana sudah melakukan negosiasi dengan perusahaan MTV untuk muncul pada akustik yang berbasis ditayangkan di MTV Unplugged untuk beberapa waktu. Itu adalah saat tur dengan Meat Puppets bahwa pentolan grup Nirvana Kurt Cobain akhirnya menerima. Band ini ingin melakukan sesuatu yang berbeda dari sebuah episode MTV Unplugged khas untuk kinerjanya. Menurut Dave Grohl, "Kami telah melihat Unpluggeds lain dan tidak seperti banyak dari mereka, karena kebanyakan band akan memperlakukan mereka seperti pertunjukan musik rock-memainkan hits mereka seperti itu adalah Madison Square Garden, kecuali dengan gitar akustik." Kelompok ini memandang Mark Lanegan 1990 album The Winding Sheet sebagai sumber inspirasi. Di antara ide-ide anggota band datang dengan termasuk meliputi David Bowie's "The Man Who Sold the World" dan mengundang para anggota dari Meat Puppets untuk bergabung dengan mereka diatas panggung. Namun, prospek dari melakukan sebuah pertunjukan akustik sepenuhnya membuat Cobain gugup.

Band ini didedikasikan dua hari untuk latihan. Sesi latihan yang tegang dan sulit, dengan band yang berjalan ke masalah pertunjukan lagu yang beragam. Selama sesi, Cobain tidak setuju dengan MTV tentang bagaimana kinerja harus disajikan. Produsen Alex Coletti teringat bahwa jaringan tidak senang dengan pilihan band dari Meat Puppets sebagai tamu ("Mereka ingin mendengar 'benar' nama-Eddie Vedder atau Tori Amos atau Tuhan tahu siapa yang ", kenang Coletti) dan kelangkaan hit Nirvana lagu pada setlist itu. Kesal, sehari sebelum syuting ditetapkan berlangsung Cobain menolak untuk bermain. Namun, ia muncul di studio pada sore berikutnya. Cobain menderita kecanduan obat dan kegugupan pada saat itu, satu pengamat mengatakan, "Tidak ada bercanda, tidak ada senyum, tidak kesenangan datang dari dia ... Oleh karena itu, semua orang lebih dari sekadar khawatir tentang penampilannya."

Nirvana melekatkan kinerjanya untuk MTV Unplugged pada 18 November 1993, di Sony Studios di New York City. Meskipun premis acara, Cobain bersikeras untuk menjalankan gitar akustik lewat amplifier dan efek pedal. Coletti membangun sebuah kotak palsu di depan amplifier untuk penyamaran sebagai box kontrol. Coletti berkata, "Itu adalah selimut keamanan Kurt la terbiasa mendengar gitar ini dengan Fender itu. Dia ingin efek-efek.. Anda bisa mendengarnya pada 'The Man Who Sold The World." Ini adalah gitar akustik, tapi ia jelas-jelas akan melewati amplifier. "Nirvana telah diperkuat oleh gitaris Pat Smear dan pemain cello Lori Goldston, yang telah tur dengan band ini. Cobain. menyarankan bahwa panggung dihiasi dengan bunga lili pelamun, batang lilin hitam, dan sebuah lampu kristal. Permintaan Cobain diminta produser acara dia untuk menanyakan, "Maksudmu seperti upacara pemakaman?" Dimana penyanyi itu menjawab ya.

Tidak seperti banyak artis yang muncul di acara itu, Nirvana difilmkan dalam sebuah kinerjanya mengambil seluruh single. Empat belas-lagu setlist band ini termasuk enam versi cover. Kelompok ini menghindar bermain lagu yang lebih terkenal dari perusahaan, satunya single perusahaan 1992 ditampilkan hit band ini adalah "Come as You Are". Sepuluh lagu yang ada di, Cris dan Curt Kirkwood dari Meat Puppets di band ini bergabung di atas panggung untuk menyanyikan tiga dari lagu-lagu group mereka bersama Nirvana. Set berakhir dengan pertunjukan dari lagu "Where Did You Sleep Last Night" oleh musisi blues Lead Belly. Setelah pertunjukan band ini selesai, Cobain berdebat dengan produser acara, yang menginginkan sebuah encore(mengulangi nyanyian). Cobain menolak karena dia merasa dia tidak bisa membawakan bagian atas lagu tersebut.

Album rilis

Setelah pentolan grup Nirvana Kurt Cobain ditemukan tewas pada bulan April 1994, MTV tayangkan episode MTV Unplugged berulang kali. Dalam rangka memenuhi kebutuhan untuk material Nirvana yang baru dan untuk mengatasi bootlegging, DGC mengumumkan pada bulan Agustus 1994 yang akan merilis sebuah album ganda berjudul Verse Chorus Verse, yang menyertakan pertunjukan live 1989-1994, serta pertunjukan MTV Unplugged secara keseluruhan. Namun, tugas untuk kompilasi album ini terlalu emosional sulit bagi anggota band yang masih hidup, sehingga proyek ini dibatalkan seminggu setelah pengumuman resmi. Sebaliknya, Novoselic dan Grohl memilih untuk komersial hanya merilis kinerja Unplugged. Scott Litt, yang telah menghasilkan pertunjukan, untuk produksi record kembali.

MTV Unplugged in New York dirilis pada tanggal 1 November 1994. Album debut di nomor satu di tangga lagu Billboard, menjual 310.500 kopi dalam minggu pertama, sehingga band ini penjual terkuat pekan pertama. Ben Thompson dari Mojo menulis, "Masalah dengan album Unplugged cenderung bersifat yang, diberikan bahwa identitas asli mereka adalah seperti terlihat di video, Anda merasa bahwa Anda tidak memiliki seluruh pengalaman untuk sesuatu tanpa menonton. Dalam kasus Nirvana, yang sebenarnya merupakan keuntungan, karena ini seluruh pengalaman tertentu terlalu kuat untuk memiliki lebih dan lebih lagi. Bahkan tidak berwarna, aspek umum dari format Unplugged yang samar-samar menenteramkan ini." Entertainment Weekly memberikan album ini rating A. Reviewer David Browne mencatat bahwa mendengar musik dalam terang kematian Cobain adalah "mengguncang"; Browne menambahkan, "Beyond mendorong Cobain perasaan kerugian atas dirinya sendiri, Unplugged memunculkan suatu perasaan kehilangan musiknya, juga: Para penikmat dan kedekatan dari penyusunan ulang akustik di mana pertunjuk Nirvana (atau setidaknya Cobain, yang dikatakan frustasi dengan keterbatasan band ini) bisa pergi." Robert Christgau juga memberikan album ini rating A, menggambarkan kinerja Cobain membangkitkan sebagai John Lennon di album John Lennon/Plastic Ono Band. Pada tahun 1995 awal, MTV Unplugged in New York studio Nirvana telah mengalahkan album terakhir In Utero (1993) dalam penjualan dengan terjual 6,8 juta kopi.

"About a Girl"dirilis hanya sebagai album tunggal komersial pada bulan Oktober 1994, didukung dengan versi Unplugged dari "Something in the Way" di Side-B. Album ini dirilis dalam bentuk CD hanya di Australia dan Eropa. Promo single yang dirilis untuk "The Man Who Sold the World", "Polly", "Lake of Fire", dan "Where Did You Sleep Last Night". Satu lagu di album tersebut, "About a Girl" menjadi hit terbesar, menjadi nomor yang keempat Nirvana salah satu di tangga nada Modern Rock Tracks.

DVD rilis

Pada pertunjukan Unplugged MTV in New York dirilis dalam bentuk DVD pada tanggal 20 November 2007. Rilis DVD menampilkan seluruh rekaman, termasuk dua lagu ("Something in the Way"dan "Oh Me") tidak termasuk dari versi siaran. Fitur Bonus yang terdiri dari versi asli siaran pertunjukan, MTV khusus tahun 1999 berjudul Bare Witness: Nirvana Unplugged menampilkan kenangan produser MTV dan para penonton, dan lima lagu direkam selama latihan sebelum show: "Come as You Are", "Polly", "Plateau", "Pennyroyal Tea", dan "The Man Who Sold the World".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar